CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, April 09, 2009

TEKNIK DASAR KONSELING --dikala Mid semester #1-

# 5APRIL 09 # Menjelang Mid semester hari pertama…



apakah kamu bukan orang yang enak buat diajak curhat? saia jadi teringat waktu cowo saia ga mau curhat sama saia, yang katanya “Kamu tu ga enak diajak curhat !!! curhat sama kamu curhat serarah “
#@$#@%@^%$@^@%$@%$%%@%#
Oooh sakitnya hati ini ini.. itu penghinaan terbesar sepanjang abad !! bagi seorang CALON PSIKOLOG seperti saia (amiiin...hehe)))) hehe sepertinya menguatkan label saia menjadi psikolog gagal seperti yang diberikannya pada ajeng juga hehehe.. enak aja.. gini2 saia kan cukup pintaar "boong"!!
Itu juga yang memotivasi saia untuk : pasang mata dan telinga lebih baik saat mata kuliah teknik konseling tiap hari senin.. disamping PAK EDI LEGOWO memang dosen paporit saia.. quote dia yang paling nendang
“”willing is not enough we must do..””

Apa yang saia pelajari hari ini, (INSYA ALLAH) bisa berguna banget dimana kamu butuh banget teknik atau cara2 dengerin orang curhat ada beberapa yang bisa dipakai..

ASpa sih teknik konseling ?? bagaimana si caranya ??
Sebenarnya apa dan bagaimana tergantung dari teknik konseling apa yang dipkaia.. karena ternyata jenisnya macem2
Konseling TRAIT AND FACTOR : E.G WILLIAMSON
Terapi berfokus Solusi by Edi Legowo
Konseling Itu Indah :: Ratih Kusuma Dewi (hahaha.. bidip..bidip)


:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
KETRAMPILAN DASAR KOMUNIKASI !!!
:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
OhARiRi ClaSLuRuS ACtReeST


Opening :: Opening adalah hal yang sangat penting karena opening adalah saat pembentukan raport, bersikaplah hangat, menerima, tulus dan memperhatikan secara mendalam, pemilihan kalimat yang digunakan saat saat opening juga harus diperhatikan , misalnya ” Apa yang membuat kamu datang kesini ?”


Acceptance :: Menerima :: saat ini konselor menerima klien dengan apa adanya walopun tidak berarti menyetuji :bisa dengan verbal maupun norverbal ::mengangguk atau kata ”hm...( ini ni sangat penting sekali buat saia, indikator saya dibilang ga enak curhat, saia kan jujur yak.. hehe adalah saat dia cerita suatu hal dan sesuatu hal itu juga ga berkenan buat saia biasanya saia langsung konfrontasi ke dia.. yah dianya jadi males cerita de )


Restatemen :: Mengulang sebagian pertanyaan klien tanpa menambahkan atau mengurangi kalimat, gunanya adalah pendekatan internal, menyamakn arah dan persepsi pembicaraan dan menunjukkan perhatian kita secara mendalam kepada klien


Reaction Of feeling :: Konselor menyatakan perasaan yang tersembunyi dari pernyataan klien, kata-katanya tidak terlalu dalam dan lemah, gunanya adalah memantulkan perasaan, cerita atau sikap klien yang tersembuntyi dari pernyataanya


Clarification :: Konselor mengakap makna pernyataan klien dan mengungkapkan kembali dengan kata-kata yang lebih segar :; singkatnya, dengan kata lain ;


Structuring :: Karena pembicaraan konseling bukanlah pembicaraan yang biasa, maka arah, tujuan dan pembatasan waktu perlu di atur, macam-macam structuring


Time Limit : Pembatasan waktu, biasanya konseling hanya dilakukan dalam 45-60 menit, dilakukan ketika klien diam.


Action limit : Structuring dengan memberi tahu mana yang boe dan tidak boleh dilakukan , misalnya klien merusak barang dll


Role limit : Sructuring yang dilakukan ketika klien terus bicara dan ga berhenti-henti, konselorlah yang bertindak sebagai lead


Topic Limit : Topik dibatasi sesuai dengan pembicaraan agar tdak melantur

Lead :: Konselor memimpin jalannya konseling dengan memberikan pertanyaan baik terbuka :pertanyaan yang jawabannya panjang misalnya dengan kalmat mengapa dan bagaimana, atau pertanyaan yang tertutup :: dengan jawaban pendek misalnya :apa dan dimana


Reassurance : Memberikan dukungan terhadap klien atas tindakan yang sudah dan belum dilakukan klien, ada 3 macam jenis reassurance


Prediction Assurance : Konselor memberikan dukungan atas rencana kegiatan yang akan dilakukan klien, dalam kondisi ini klien telah memutuskan suatu tindakan yang benar, tapi klien masih bimbang.


Postdiction Assurance :Konselor memberikan dukungan atas apa yang sudah dilakukan klien untuk melanjutkan dan meneruskan sampai selesai


Factual Assurance : Konselor memberikan dukungan factual ketika klien mendapat ,usibah, misalnya konselor mengatakan bahwa banyak orang lain yang mengalami masalah yang serupa dan banyak juga yang dapat mengatasi masalah terebut


Silence : Silence adalah sikap diam yang dilakukan konselor ketika klien juga diam, biasanya klien diam karena beberapa penyebab
Karena kehabisan kata-kata
Karena kehabisan energi
Resistance


Advice :Memberikan solusi dari masalah klien, adapun jenis advice ada 3 yang harus disesuaikan dengan kebutuhan klien


Direct advice :Diberikan ketika klien sama sekali tidak tau apa yang harus dilakukan, walopun konselor sudah mendiskusikan bersama hal-hal yang terbaik untuk klien
Persuasive – Dilakukan ketika klien sudah tau rencana logis yang akan dilakukan klien dalam menyelesaikan masalahnya
Alternative- Diberikan ketika klien sudah tau baik dan buruknya dari berbagai macam alternative tindakan yang akan dilakukan
Confrontation :Teknik yang dilakukan untuk menunjukkan kesenjangan klien atas pertanyaannya yang mebuat klien menjadi mandeg, responnya konselor biasanya berupa konflik
Kesenjangan antara 2 pilihan
Kesenjangan antara pernyataan dan perilaku
+ antara pernyataan dan perilaku non verbal
+ antara pernyataan dan konteks
+ antara 2 atau lebih


Rejection : Teknik konselor dalam melarang klien, bisa dalam bentuk lunak :”coba kamu pikir dua atau tiga kali lagi”, atau dalam bentuk keras :”jangan lakukan hal tersebut ”


Summary :: Summary adalah teknik menyimpulkan dari pernyataan klien, ada dua teknik yaitu summary sebagian dan summary keseluruhan


Termination :: teknik konseling dalam mengakhiri pembicaraan , ada pendekatan-pendekatan yang dapat dilakukan
Pendekatan terhadap waktu
Pendekatan terhadap pertemuan selanjutnya
Pendekatan dengan melakukan summary keseluruhan






Tidak ada komentar: